Iklan

 


Iklan

Jangan Canggung; Inilah Kiat ASN Bisa Menulis!

Selasa, 08 Maret 2022, 8:59 AM WIB Last Updated 2022-03-08T08:01:34Z



JAKARTA -
Aparatur Sipil Negara (ASN) biasanya kerap dilihat hanya mengerjakan hal-hal rutinitas yang menjadi tugas pokok dan fungsinya. Namun, seiring dengan kebijakan penyederhanaan birokrasi di mana salah satunya penyetaraan jabatan dari struktural ke fungsional maka produktivitas ASN dinilai lebih meningkat. Salah satunya dari sekedar menyusun laporan tugas kedinasan hingga membuat karya ilmiah, policy brieaf, menulis artikel opini di media massa maupun menulis buku. 

 

Salah satu ASN di Sekretariat Wakil Presiden RI berbagi cerita bagaimana seorang ASN Jabatan Fungsional, yang menulis merupakan hal rutinitas yang tidak terhindarkan, dari menyusun laporan yang bersifat kedinasan hingga membuat karya tulis ilmiah, termasuk di dalamnya menulis artikel opini di media massa, yang semua itu bertujuan untuk mendapatkan angka kredit untuk kinerjanya.



Ia mengungkapkan, dengan menulis artikel opini di media massa, ASN bukan saja memperoleh angka kredit, namun lebih jauh dari itu dapat membantu pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai kebijakan sesuai keahliannya, yang bersifat profesional dan mandiri, dengan  tetap mengedepankan sumpah dan etika jabatan sebagai seorang ASN.

 

Antusiasme ASN untuk menulis di media massa sangat tinggi sejak terbitnya kebijakan penyetaraan jabatan dari struktural ke fungsional. Hal ini juga ditandai dengan banyak munculnya komunitas menulis disertai dengan berbagai diskusi dan pelatihan menulis secara online. Banyak ASN kita saat ini memiliki kesungguhan untuk berlatih guna menghasilkan tulisan yang baik. Tidak sedikit yang karyanya tampil di berbagai media massa, baik cetak maupun online, dengan beragam topik.

 

Malahan, M. Soleh, SH, MH, ASN di Kantor Sekretariat Wakil Presiden ini telah mampu melahirkan karya berupa sebuah buku. Meskipun buku tersebut mengambil topik tentang ASN, namun sangat layak dibaca juga untuk masyarakat umum, karena di dalamnya terdapat kiat-kiat menulis artikel opini yang baik agar dapat diterbitkan di media massa, yang sekiranya dapat dipelajari oleh siapa saja.

 

Penulis yang juga merupakan kandidat doktor ilmu hukum tersebut saat ini juga giat menulis di media massa tanah air. Untuk buku karyanya yang berjudul ASN Menulis kini sudah bisa didapatkan di toko buku langganan anda.(MS/RD)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jangan Canggung; Inilah Kiat ASN Bisa Menulis!

Terkini

Topik Populer

Iklan