Iklan

 


Iklan

Presiden Jokowi Tegaskan Penegakan Hukum Jangan Menimbulkan Ketakutan Rakyat

Senin, 14 Desember 2020, 10:15 AM WIB Last Updated 2020-12-14T04:47:20Z

Presiden Jokowi menegaskan agar penegakan hukum jangan sampai menimbulkan ketakutan di masyarakat, Senin (14/12/2020). Foto : Kompas

Jakarta -
Presiden Joko Widodo menegaskan kepada jajarannya agar penegakan hukum jangan sampai justru menimbulkan ketakutan di masyarakat.

“Penegakan hukum juga jangan menimbulkan ketakutan yang menghambat percepatan, yang menghambat inovasi,” kata Presiden Joko Widodo dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 di Istana Negara Jakarta, Senin (14/12/2020).

Ia mengatakan kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum harus ditingkatkan.

Selain itu, integritas dan profesionalisme penegak hukum termasuk jaksa merupakan keharusan.

“Pengawasan dan penegakan disiplin internal harus diperkuat. Kejaksaan harus bersih. kejaksaan harus bersih, kejaksaan harus dapat jadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden mengatakan bahwa pembenahan dari hulu hingga hilir di kejaksaan, dan dalam relasinya lembaga penegak hukum lain harus terus diefektifkan.

“Rekrutmen dan promosi harus dilakukan dengan meritokrasi dengan transparan dan terbuka. Integritas jaksa wawasan kebangsaan dan kesiapan menghadapi permasalahan hukum di masa mendatang harus diutamakan,” katanya.

Presiden ingin agar lembaga penegakan hukum bersinergi untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik tanpa menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat.(GR)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Jokowi Tegaskan Penegakan Hukum Jangan Menimbulkan Ketakutan Rakyat

Terkini

Topik Populer

Iklan