Iklan

 


Iklan

Wapres Ma'ruf Amin Nilai Almarhum Saefullah Merupakan Sosok Shaleh, Pejuang Sosial dan Pekerja Keras

Kamis, 17 September 2020, 6:10 AM WIB Last Updated 2020-09-16T23:10:43Z

 

Almarhum Dr. H. Saefullah, SPd, MPd dinilai sebagai figur pekerja keras, pejuang sosial, dan pribadi yang shaleh. Foto : Ist. 
Jakarta - Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (16/9) begitu hening. Kabar duka yang diwartakan siang hari sekitar ba'da shalat dhuhur, seolah menghenyakkan semua pihak di sana. 

Figur bersahaja dan ramah pada siapapun, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Dr. Saefullah, SPd, MPd telah berpulang lantaran terinfeksi virus covid-19. Beliau berpulang pada Rabu (16/9) sekitar pukul 12.55 WIB di Rumah Sakit Gatot Subroto Jakarta.

Mendengar kabar duka tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan rasa duka yang mendalam. "Saya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke rahmatullah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Bapak Dr. H. Saefullah, S.Pd, M. Pd," tulis Wapres Ma'ruf Amin di Instagram pribadinya.⁣

Abah, begitu Wapres Ma'ruf Amin sering disapa, mengatakan, "Warga Jakarta telah kehilangan salah-satu putra terbaiknya. Semangat, kerja keras dan perjuangan beliau dalam membangun Jakarta patut kita teruskan. Khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. Perjuangan beliau mengawal wilayah DKI Jakarta untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 dan penanganan dampaknya, harus kita lanjutkan." ⁣

Wapres Ma'ruf Amin mengenang figur Sekda Provinsi DKI Jakarta H. Saefullah merupakan pribadi yang shaleh, aktivis sosial serta panutan untuk semua orang yang mengenalnya. 

Sementara itu, Gubernur DKI Anies Baswedan Rabu (16/9) sore melepas kepergian Sekda H. Saefullah untuk selamanya di Balai Kota DKI Jakarta. Anies Baswedan memimpin sholat jenazah yang dilakukan di depan Balai Kota di depan jenazah Sekda yang berada di mobil ambulans. 

Keluarga almarhum juga turut hadir di sana. Keluarga berpesan agar kolega maupun masyarakat lainnya tidak perlu mengirimkan karangan bunga duka cita. Mereka berpesan agar almarhum didoakan saja dan dana yang untuk pembelian karangan bunga itu diinfaqkan atas nama almarhum. 

Anies Baswedan terlihat sangat kehilangan sosok yang selama ini hampir tiap hari bertemu dengannya. "Hampir tiap hari kita bertemu. Berkerja selalu sepenuh hati tapi suka becanda. Serius tapi tidak ada suasana tegang. Pribadi yang matang, penuh pengalaman, selalu tenang dalam setiap situasi dan selalu tuntas. Atas semua ide, rencana dan tugas yang dihadapkan, bila saya tanyakan dan diskusikan maka jawabnya selalu: bisa!" kenang Anies kepada figur Sekda H. Saefullah. 

Anies juga mengungkapkan, sosok H. Saefullah merupakan sosok yang semangat luar biasa dalam bekerja. Mereka sering berkegiatan bersama hingga lepas tengah malam, lalu besok paginya sudah ada kegiatan. Gubernur Anies mengungkapkan, meskipun pulang sampai malah pada waktu ada kegiatan selepas sholat subuh beliau bisa bersama-sama. "Ini bukan sekadar soal stamina fisik, ini adalah juga soal semangat yang luar biasa besar," tandas Anies.

"Sepanjang bekerja bersama, ia belum pernah pamit pulang karena sakit. Senin 7 September 2020, untuk pertama kalinya beliau pamit pulang karena tidak enak badan. Di tengah-tengah Rapat Paripurna DPRD ia pulang," kenang Anies.

Masih menurut Anies, selama isolasi mandiri kita terus komunikasi. Tidak ada kesan kondisinya berat. Ia tidak pernah mengeluh. Dalam komunikasi, ia tidak pernah memberikan kesan kondisi menurun. Tapi dari laporan pantauan tim Dinas Kesehatan, kondisinya menurun dan perlu penanganan intensif. Saya terima update tiap hari. Bahkan saat akan dipindahkan ke RSPAD Gatot Subroto ia masih selalu bernada positif.

Pada hari Minggu (13/9) dini hari, Almarhum menulis pesan via WA sekitar pukul 01.00 WIB dini hari kira-kira bunyinya, “Pak Gub malam ini saya pindah ke RSPAD.” Beliau tetap tidak mau menceritakan bahwa kondisinya menurun. Benar-benar pribadi tangguh! 

Figur Saefullah juga merupakan sosok yang selalu ada dalam setiap perencanaan dan eksekusi semua urusan COVID-19 di Pemprov DKI. Menyiapkan semua jajaran, menggalang sumber daya, dan memastikan terlaksana sesuai rencana. Berbulan-bulan ini kita berkutat urusan Covid bersama-sama.

Selamat jalan Pak Sekda, Saefullah. (AR)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wapres Ma'ruf Amin Nilai Almarhum Saefullah Merupakan Sosok Shaleh, Pejuang Sosial dan Pekerja Keras

Terkini

Topik Populer

Iklan