Iklan

 


Iklan

Jaksa Pinangki Akan Disidang Hari Ini di PN Jakarta Pusat

Rabu, 23 September 2020, 9:39 AM WIB Last Updated 2020-09-23T02:39:42Z

Jaksa Pinangki dikabarkan akan menjalani sidang di PN Jakarta Pusat hari Rabu (23/9) ini. Foto : Ist.


Jakarta - 
Tersangka kasus gratifikasi terkait Djoko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari bakal menjalani sidang perdana hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam sidang dengan agenda dakwaan yang akan berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta ini, majelis hakim memerintahkan terdakwa Pinangki hadir secara langsung.

"Kami sudah sampaikan kepada jaksanya hari ini apakah nanti dihadirkan, perintah dari majelis adalah untuk dihadirkan," ujar Humas PN Jakarta Pusat, Bambang Nurcahyono, Rabu (23/9).

Bambang menuturkan mekanisme sidang termasuk kehadiran terdakwa nantinya juga akan diatur sedemikian rupa lantaran masih maraknya penularan virus corona (Covid-19). Apalagi, kata dia, sidang perdana yang menjerat anggota korps Adhyaksa tersebut menarik perhatian publik.

"Tergantung jaksa apakah kalau dia menghadirkan harus tentu dengan protokol kesehatan yang ketat, dan terbatas yang menghadiri di persidangan. Nanti apakah menggunakan virtual atau tidak, kita lihat perkembangan dari jaksa," tandasnya.

Perkara ini sendiri akan dipimpin oleh IG Eko Purwanto sebagai hakim ketua. Sedangkan hakim anggotanya adalah Sunarso dan Moch Agus Salim.

"Panitera Pengganti Yuswardi dan Penuntut Umum M. Roni," kata Bambang.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Hari Setiyono menuturkan Pinangki didakwa dengan Pasal Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Hari menjelaskan, dalam dakwaan nanti Jaksa akan merinci kronologi penerimaan suap Pinangki dari Djoko Tjandra untuk mengurus pembebasan melalui fatwa Mahkamah Agung (MA).

Pengurusan Fatwa MA itu dibuat dalam sebuah proposal yang diberi nama Action Plan. Pembayaran dilakukan oleh Djoko Tjandra melalui adik iparnya, Herriyadi Angga Kusuma sebesar US$500 ribu atau senilai Rp7 miliar di Jakarta. Uang itu diterima oleh Andi Irfan Jaya, rekan Pinangki.

Dari uang tersebut, Pinangki diduga mengalihkan hartanya di antaranya untuk membeli mobil mewah BMW tipe X5 dan membayar sewa apartemen seharga Rp75 juta.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jaksa Pinangki Akan Disidang Hari Ini di PN Jakarta Pusat

Terkini

Topik Populer

Iklan