• Jelajahi

    Copyright © KORIDOR INDONESIA | SAHABAT INFORMASI ANDA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    www.bizlawnews.id

    Single Window Solusinya

    Senin, 18 November 2019, 11:03 PM WIB Last Updated 2019-11-22T16:04:02Z
    https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html
    https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html
    Oleh :
    Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.
    Ketua Umum PRAMAIN

    Pedoman yang merupakan konsensus bersama 171 negara di dunia yang sehingga harus patuhi bersama, di mana terdapat kebutuhan untuk mengurangi beban administrasi pada bidang bisnis pelayaran dan pengiriman barang ke seluruh lokasi, regional dan internasional.  

    Nama lengkapnya resolusi IMO FAL12(40), resolusi ini merupakan amandemen pada FAL Convention, yang mencakup bagaimana standar baru yang mewajibkan semua otoritas publik untuk membuat sistem pertukaran informasi elektronik untuk membantu proses clearance kapal dan pelabuhan. 

    Semua transportasi laut di pelabuhan dimasukkan dalam "SINGLE WINDOW" yang dipandang sebagai cara dan standar yang paling efektif dan dapat mengatasi beban administrasi keseluruhan pada bisnis pelayaran dan pengiriman barang melalui laut. 

    SINGLE WINDOW harus dilaksanakan berdasarkan Pedoman IMO yang telah diberlakukan dan kita patuhi bersama. Karakteristik utama dari satu single window, paling tidak antara masing-masing pelabuhan di dunia adalah 
    1. Harmonisasi (penyeragaman) di seluruh dunia, 
    2. Standardisasi
    3. Interoperabilitas, 
    4. Menghindari teknologi dan model data yang eksklusif, dan 
    5. mendukung tujuan interoperabilitas internasional antara satu single window dengan yang lain untuk masa yang akan dating

    Ada beberapa besar literatur yang tersedia perihal single window, tetapi single window sebenarnya sebagian besar berkaitan dengan masalah perdagangan dan muatan. Permasalah izin kapal sebagai alat transportasi laut kurang begitu dibahas pada single window ini. Namun izin kapal dan muatan, amanat IMO, harus berjalan beriringan untuk memungkinkan operasi pelabuhan dan kapal yang efisien. 

    Meskipun Pedoman IMO berupaya memberikan panduan tentang izin transportasi laut, termasuk izin kapal, namun otoritas dapat menentukan SINGLE WINDOW yang berbeda untuk transportasi dan perdagangan namun mendukung pedoman IMO dan untuk pengembangan SINGLE WINDOW. 

    Semoga bermanfaat bagi anggota Pramarin
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini