Iklan

 


Iklan

Fraksi Demokrat Dorong Saefullah untuk Jadi Wagub DKI Jakarta

Jumat, 22 November 2019, 10:59 PM WIB Last Updated 2019-11-22T15:59:45Z

Anggota Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta, Hj. Neneng Hasanah

JAKARTA -  Kursi wakil gubenur DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga Uno yang mundur sejak Agustus lalu,  hingga kini masih kosong.  Sejumlah fraksi di DPRD DKI Jakarta mendorong Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah untuk dijadikan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sosok mantan Walikota Jakarta Pusat ini dianggap mumpuni untuk menangani permasalahan di ibu kota.

"Pak Saefullah kan diusulkan oleh partai pengusung, Gerindra. Saya melihat, pak Saefullah itu yang paling paham masalah di Jakarta, paham kultur Jakarta, bisa komunikasi dengan partai-partai, ya sebaiknya dia yang harus dipilih," ujar anggota Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta, Neneng Hasanah, di Jakarta, Rabu (13/11).

Menurutnya, sosok Saefullah yang merupakan putra asli Betawi memiliki beragam prestasi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain diterima partai politik, Saefullah pun diyakini bisa diterima semua warga Jakarta.

"Dia kan asli Betawi. Tapi, jabatan itu kan amanah Tuhan, amanah rakyat. Kalau memang pak Saefullah terpilih, saya yakin masyarakat Jakarta akan lebih baik, akan lebih bagus mendampingi pak Anies untuk menata Jakarta. Dan minimal ada putra daerah yang bisa lebih mengopeni masyarakat Betawi," kata Neneng.

Sebelumnya, Partai Gerindra DKI Jakarta mengusulkan empat nama cawagub DKI untuk dipilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta alternatif. Mereka adalah Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Waketum DPP Gerindra Ferry J Yuliantoro, Wasekjen DPP Gerindra Ahmad Riza Patria, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

Untuk itu, Neneng meminta partai pengusung agar segera mengajukan Saefullah sebagai calon wagub secara resmi ke DPRD DKI Jakarta. Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah lama tidak memiliki wagub sehingga pembangunan di Jakarta tidak lagi pesat.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohmmad Taufik mengaku bersyukur karena kandidat wagub DKI yang diajukannya mendapat respon positif DPRD DKI Jakarta. Dia meyakini, partai pengusung lainnya, yakni PKS akan menerima usulan itu demi kepentingan masyarakat Jakarta.

"Bagus dong, berarti ada respon positif. Dari empat nama ini, silahkan pilih oleh PKS. Nanti PKS juga silahkan mengajukan satu nama. Saya yakin PKS, insyaallah oke atas usulan ini. Nanti akan ada pembahasan lanjutan dengan PKS," kata Taufik.

Dengan pengajuan nama baru ini, katanya, pencalonan cawagub dari PKS, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto harus dicabut. Dia menilai, cawagub yang diajukan PKS tidak mendapat respon yang baik oleh kalangan DPRD DKI Jakarta.

"Evaluasi kita bahwa sudah setahun pencalonan wagub ini, kok tidak jalan. Kalau tidak jalan, ya harus diganti. Kenapa yang pertama tidak jalan, bisa bermasalah dengan orangnya atau komunikasinya. Komunikasi mereka kurang. Barangnya sudah kita kasih ke dia (PKS), DPRD itu bukan cuma Gerindra, ada partai lain," ungkapnya.

Dia mengaku mencalonkan sosok bukan kader Gerindra untuk mengakomodir tokoh lainnya yang layak memimpin Jakarta. Dia menganggap, Saefullah salah satu tokoh berprestasi yang bisa menata Jakarta lebih baik lagi.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani mengatakan, pihaknya mempersilakan partai Gerindra mengusulkan empat nama cawagub itu. Namun, pihaknya akan mengikuti mekanisme pemilihan wagub yang hasilnya harus disepakati kedua partai pengusung.


"Dari keempat itu, bisa kita terima satu calon atau bisa juga semua calon kita tolak. Dari keempat calon itu, yang saya tahu hanya pak Saefullah, karena dia sering berkomunikasi dengan kita di DPRD," ucapnya.(BW)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Fraksi Demokrat Dorong Saefullah untuk Jadi Wagub DKI Jakarta

Terkini

Topik Populer

Iklan