Iklan

 


Iklan

Sebanyak 105 Desa di Pati Mengalami Kekeringan

Kamis, 10 Oktober 2019, 4:32 AM WIB Last Updated 2019-10-10T21:52:11Z

Plt Kepala BPBD Hadi Santoso. Foto : Wisnu
PATI-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mencatat ada sebanyak 105 desa, dari 12 Kecamatan yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan, bahkan sesuai data yang ada untuk kekeringan terjadi hingga merambah di beberapa tempat di ibukota Kabupaten.

"Di 12 Kecamatan ada 105 desa yang mengalami kekeringan akibat kemarau, dan sekarang sudah sampai ke kota di beberapa tempat," jelas Plt Kepala BPBD Kabupaten Pati Hadi Santoso kepada Wartawan Kamis (10/10/2019).

Menurutnya, Musim kemarau terjadi sejak bulan Juli 2019 sampai sekarang, dan langkah yang dilakukan BPBD yaitu memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat di 105 desa yang mengalami kekeringan."Kita berikan bantuan air bersih untuk 105 desa itu," ungkapnya.

Sesuai data, lanjut Hadi, untuk bantuan air bersih yang diberikan kepada masyarakat ada sebanyak 900 tangki lebih. Bantuan itu mengalir dari APBD sebanyak 100 tangki, dari Provinsi sebanyak 200 tangki, CSR, sejumlah organisasi dan lain-lain. "Kita hanya terkendala dengan armada untuk pengiriman air bersih, sebab yang kita miliki hanya 2 unit, jadi untuk pengiriman dilakukan siang malam, dan itupun juga banyak yang belum terjangkau pendistribusiannya," ungkap Hadi.

Penyaluran air bersih.
Untuk tahun 2019, anggaran yang ditetapkan untuk penanggulangan di musim kemarau hanya berkisar Rp 30-40 juta, dan anggaran itu hanya digunakan untuk personil, bukan termasuk BBM, dan lain-lain."Untuk anggarannya masih kurang, apalagi musim kemarau diperkirakan hingga awal November, jadi yang ada ini kita maksimalkan dulu," tambahnya.

Untuk tahun 2020, masih menurut Hadi, pihaknya sudah mengusulkan untuk meminta tambahan anggaran, hanya saja itu tergantung persetujuan dari DPRD. "Untuk tambahan anggaran termasuk untuk operasional kita sudah usulkan, namun tergantung DPRD, untuk menyetujui," imbuhnya. (WIS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sebanyak 105 Desa di Pati Mengalami Kekeringan

Terkini

Topik Populer

Iklan