Iklan

 


Iklan

Wapres JK, Pendekatan Papua dengan Aceh Beda

Minggu, 08 September 2019, 6:32 PM WIB Last Updated 2019-09-08T11:32:52Z
Wapres JK saat memberikan sambutan di Padang, Sumatera Barat, Senin (2/9) malam. Foto: antara
Padang - Persolan Papua dan Papua Baray seharusnya tak dapat dianggap enten. Bukan semata persoalan aksi demontrasi ataupun rasial semata. Pendekatannya seyogianya jangan hanya seperti menghalau aksi demonstrasi, apalagi dengan mengutamakan represif.

Papua sejak dahulu menjadi perhatian dunia. Apabila salah dalam penanganannya, bisa jadi pihak-pihak yang ingin Papua lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) terus mendorong agar saudara kita itu memisahkan diri.

Bumi Papua sejak dahulu dikenal kaya akan mineral. Tak ayal banyak pihak yang tertarik untuk menguasainya.

Jusuf Kalla, Wakil Presiden kita dikenal sebagai tokoh kunci dalam perundingan damai Aceh. Melalui tangan dinginnya Aceh tak bergejolak dan damai hingga kini.

Lantaran itu, banyak pihak yang ingin Daeng Ucu, sapaan akrab Jusuf Kalla, lebih berperan untuk mendinginkan Papua dan Papua Barat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun menanggapinya. Sewaktu kunjungan kerja ke Padang, Senin (2/9) malam silam. Ia mengatakan, Aceh yang 15 tahun sudah perundingan Helsinki, pembangunannya bisa dirasakan kini. Kemajuannya pesat.

Papua juga sejak dahulu bergejolak. Kedua daerah itu sama-sama diberikan otonomi khusus. Anggarannya lebih besar dari daerah lain.

Namun, di Papua hingga kini masih bergejolak. Wapres JK menilai kondisinya beda, karena di Papua dinilai ada ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat, kesenjangan sosial dan ketidakadilan pembangunan di daerah.

"Masyarakat Papua bisa saja tidak puas dengan kinerja pemerintah sehingga menimbulkan ketidakadilan, akibat pendidikan tidak merata sehingga menimbulkan kesenjangan, dan tidak memberikan pendapatan yang baik kepada masyarakat," ungkap Wapres JK saat di Padang, Senin (2/9) silam.

Wapres JK menambahkan, meskipun telah dilakukan pembangunan infrastruktur di Papua, hal itu ternyata belum menjadi jawaban atas persoalan yang selama ini dirasakan masyarakat di sana.

Kondisi Papua yang berangsur membaik dan pulih, ke depan diharapkan terjaga terus kondisinya. (RED)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wapres JK, Pendekatan Papua dengan Aceh Beda

Terkini

Topik Populer

Iklan