Iklan

 


Iklan

Hingga Sabtu Pukul 17.00 WIB, Satu Calon Anggota DPR RI Belum Serahkan LHKPN

Sabtu, 07 September 2019, 11:02 PM WIB Last Updated 2019-09-07T16:18:11Z
Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto:Ist
Jakarta - Bila sebelumnya diberitakan masih ada sembilan calon anggota DPR RI periode 2019-2024 yang belum menyerahkan Laporan Harta Kekeyaan Pejabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hingga hari penyampaian terakhir Sabtu (7/9) ini, pukul 17.00 WIB masih ada seorang lagi yang belum memenuhi aturan itu.

Komisioner Komisi Pemilian Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkannya hari ini di Jakarta. Menurutnya, masih ada satu calon anggota DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang belum mengumpulkannya. Ia menambahkan, calon legislatif itu bernama Muhammad Rapsel Ali dengan Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I.

Menurutnya, KPU sudah berkoordinasi dengan KPK perihal masih adanya calon anggota legislatif yang belum mengumpulkan LHKPN itu. Menurut informasi dari KPK, masih menurut Ilham Saputra, Muhammad Rapsel Ali baru dapat mengumpulkan LHKPN seminggu sebelum pelantikan. Meskipun demikan, yang bersangkutan tidak mengutarakan mengapa dirinya baru dapat mengumpulkan seminggu menjelang pelantikan.

Ilham juga mengungkapkan, KPU sudah berkoordinasi pula dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem. Menurutnya, DPP Partai Nasdem mengikuti apa yang telah KPU tetapkan.

Menurut Ilham, apabila calon anggota legislatif itu belum juga mengumpulkan sampai batas akhir pengumpulan, yakni Sabtu (7/9) ini, maka dia tidak bisa dilantik pada 1 Oktober 2019. Menurut aturan KPU, pelantikannya akan ditunda.

Perlu diketahui, dari 575 calon anggota DPR RI terpilih untuk periode 2019-2024 yang sudah mengumpulkan LHKPN sekitar 574 orang. Tinggal 1 orang yang belum, dan bila dia hingga pukul 00.00 WIB ini tak juga menyampaikan LHKPN, maka pelantiknnya akan ditunda. (RED)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hingga Sabtu Pukul 17.00 WIB, Satu Calon Anggota DPR RI Belum Serahkan LHKPN

Terkini

Topik Populer

Iklan