Iklan

 


Iklan

Esemka Diluncurkan, Modelnya Dianggap Menjiplak Merek Lain

Sabtu, 07 September 2019, 12:52 PM WIB Last Updated 2019-09-07T05:56:31Z
Presiden Jokowi meresmikan pabrik mobil Esemka di Boyolali Jumat (6/9). Foto: detik
Boyolali - Teka-teki "Esemka" sebagai mobil anak bangsa mulai terjawab. Peluncuran mobil yang menjadi ikon Presiden Joko Widodo mulai dari saat menjabat Walikota Surakarta hingga duduk di kursi RI-1 telah dilakukan kemarin, Jum'at (6/9).

Model yang diperkenalkan saat peluncuran pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) pada waktu itu adalah Esemka Bima, mobil niaga bak terbuka. Disebut-sebut mobil ini sama persis dengan merek mobil China dan hanya diubah emblem atau logonya saja.

Dari pantauan media di lokasi pabrik yang baru diresmikan ini, terlihat ratusan mobil Esemka Bima terparkir di halaman.

Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto pada waktu peluncuran Esemka mengungkapkan pada tahun pertama PT SMK disebut-sebut dapat memproduksi sekitar 3.500 unit. Kapasitas produksi totalnya 15.000 unit per tahunnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT SMK Eddy Wirajaya mengatakan Esemka bukanlah mobil nasional. Ia menandaskan bahwa PT SMK 100 persen swasta murni. Tidak ada bantuan dari pemerintah.

Perlu diketahui, pada waktu peluncuran itu, mobil Esemka punya empat varian yakni Esemka Bima, Garuda1, Digdaya, dan Moose.

Ketiga nama terakhir adalah SUV. Dan ketiganya juga identik dengan merek pabrikan lain. Malahan untuk Esemka Moose logo di stir kemudi masih belum diganti, yakni masih logo Volvo.(RE)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Esemka Diluncurkan, Modelnya Dianggap Menjiplak Merek Lain

Terkini

Topik Populer

Iklan