Iklan

 


Iklan

US Coast Guard Latih Auditor Perwira Keamanan Pelabuhan di Indonesia

Rabu, 07 November 2018, 12:06 PM WIB Last Updated 2019-09-03T05:23:41Z
BELAWAN - Auditor keamanan fasilitas pelabuhan  mempunyai peran penting ntuk menetapkan adanya tingkat keamanan tertentu. Untuk itu  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan menyelenggarakan pelatihan  dalam rangka meningkatkan kemampuan  auditor internal maupun perwira keamanan fasilitas pelabuhan.

Pelatihan yang dikemas dalam bentuk workshop itu berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 9 Nopember merupakan   tawaran dari U.S Coast Guard untuk menyelenggarakan Port security Advanced Auditing yang lokasinya di pelabuhan Belawan Sumatera Utara.

Mewakili Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Ramadhan. H Harahap menyatakan,   auditor keamanan fasilitas pelabuhan baik internal maupun external auditor ujung tombak dalam sukses atau tidaknya penerapan aturan ISPS code di Indonesia.

"Untuk itu kita harus selalu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme, menjunjung tinggi kejujuran serta integritas diri dalam menjalankan tugas demi terciptanya keadaan aman pada fasilitas pelabuhan,"ungkap Capt. Ramadhan ketika membuka workshop itu di Pelabuhan Belawan, Selasa (6/11).

Ditambahkan,  dengan adanya pelatihan-pelatihan audit seperti ini dapat mewujudkan kesatuan pandang serta standart kemampuan auditor keamanan fasilitas pelabuhan yang merata diseluruh Indonesia, sehingga tidak ada ketimpangan serta ketidakjelasan dari penerapan aturan keamanan fasilitas pelabuhan.

"Auditor  harus juga sepemahaman tentang kriteria dan peraturan yang dimandatkan oleh ISPS code dan peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Selain itu juga  untuk terus mengikuti perkembangan informasi terkini tentang keamanan dari berbagai sumber," tambah Capt. Ramadhan.

Sementara itu Capt. Teddy Mayandi, MSi selaku tuan rumah Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Belawan pada sambutannya menyatakan,  pihaknya  menyambut baik berlangsungnya kegiatan dan sebagai tuan rumah dalam acara workshop ini.

"Diharapkan, materi pelatihan ini bisa diterapkan di lingkungan kerjanya masing-masing," ungkap Capt. Mayandi yg juga sebagai Kabid Keselamatan Berlayar di Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Belawan.

(Abu Bakar)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • US Coast Guard Latih Auditor Perwira Keamanan Pelabuhan di Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan