• Jelajahi

    Copyright © KORIDOR INDONESIA | SAHABAT INFORMASI ANDA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    www.bizlawnews.id

    Pertengahan Nopember, K 3 L Pelabuhan Marunda “Perang” Lawan Debu

    Sabtu, 10 November 2018, 4:39 PM WIB Last Updated 2019-09-03T05:23:39Z
    https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html
    https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html

    Jakarta – Tantangan menciptakan lingkungan bersih dan sehat sangat berat di Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda, Jakarta Utara, karena adanya muatan curah di pelabuhan dan terminal khusus yang ada di kawasan itu. Namun demikian hal itu tidak menyurutkan Komite K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) di kawasan Pelabuhan Marunda untuk  menjadikan  kawasan industri itu bersih dan sehat melalui berbagai kegiatan.

    “Salah satu kegiatan yang rutin kami lakukan adalah kerja bakti bersama setiap bulannya,” kata Ketua K3 L Kawasan Pelabuhan Marunda, Agus Supriyadi di Jakarta, Jum’at (9/11).

    Menurut Ketua K 3 L Pelabuhan Marunda itu,    kerja bakti rutin itu sebagai momentum untuk membangkitkan semangat agar setiap harinya penghuni lingkungan KBN Marunda peduli untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

    “Sebulan sekali pertemuan besarnya dari masing-masing anggota K3L dari berbagai instansi dan  perusahaan yang ada di dalm lingkungan KBN Marunda. Dari pertemuan itu kita bisa dialog, sharing informasi, selanjutnya dibuat agenda-agenda yang bisa dilakukan di tempat kerjanya masing-masing,” kata Agus Supriyadi.

    Diakuinya, di kawasan KBN Marunda debu yang menjadi salah satu tantangan berat karena pelabuhan dan terminal khusus di kawasan itu melayani muatan curah, baik batu bara maupun pasir laut. Namun demikian keadaan itu tidak  menjadi hambatan untuk berkegiatan, melainkan harus tetap diantisipasi dengan kegiatan keseharian agar debu yang ada bisa diminimalkan menjadi sumber penyakit.

    “Misalnya menciptakan lingkungan kerja hijau, maka setiap hari harus ada perawatan pada pohon-pohon. Lalu menempatkan orang di masing-masing perusahaan petugas kebersihan, yang menyapu debu dan membasahi halaman. Dan banyak lagi kegiatan yang perlu dilakukan pada penghuni kawasan industri disini, agar debu tidak membuat penghuninya menghadapi masalah, seperti sakit dan lainnya,” papar Agus.
    Apa yang dilakukan Tim K 3 L, tambah Agus diharapkan bisa mendukung pegawai dan karyawan tetap sehat. Dan pada akhirnya kegiatan perusahaan berjalan lancar.

    Untuk membumikan harapan adanya lingkungan bersif dan sehat, Tim K3L Wilker pelabuhan Marunda hari pada rapat Kamis (8/11) di kantor KBN menetapkan rencana kerja bakti bersama pada hari Jumat  tanggal 16 Nopember 2018, dengan lokasi di dermaga Kali Blencong dan sekitarnya. Kegiatan itu di Awali dengan senam pagi Pukul 07.00 Wib di KSOP Marunda.

    “Setelah senam, anggota K3 L wilker Pelabuhan Marunda menuju ke kali Blencong, untuk kegiatan bersih-bersih,” kata Agus Supriyadi.

    Peserta bersih-bersih itu jumlahnya 65 orang. Tugasnya terbagi, pada setiap dermaga 5 orang. Di kali Blencong ada 6 dermaga, sehingga kegiatan di dermaga kali blencong membutuhkan 30 orang. Peserta lainnya melakukan kegiatan di sekitar dermaga.

    “Hasil dari Rapat K 3 L juga menetapkan perlengkapan di siapkan oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan ) Marunda,  pengelola dermaga dan  PT.  KBN Marunda. Semua kegiatan berangsung atas dukungan dari berbagai instansi maupun perusahaan yang ada di dalam kawasan KBN Marunda,” ungkap Agus. (Abu Bakar)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini