Iklan

 


Iklan

KNKT Akan Pastikan Jenis FDR Atau CVR Black Box Yang Ditemukan

Jumat, 02 November 2018, 6:14 AM WIB Last Updated 2019-09-03T05:23:43Z
Jakarta -  Salah satu dari dua bagian dalam black box (kotak hitam) dari pesawat  Lion Air JT 610  sudah diterima KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), namun  Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono  belum bisa memastikan apakah FDR (flight data recorder  ) atau CVR (cokcpit voice recorder ).
"Nanti di lab kita cocokkan. Tapi kemungkinan besar itu adalah FDR," kata Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono seusai diserahkan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di posko evakuasi Lion Air di JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11).
FDR ini berisi rekaman data penerbangan, seperti data kecepatan, arah, serta ketinggian pesawat. FDR punya durasi rekaman 25-30 jam. Setelah durasi itu, data akan terhapus dengan sendirinya. 

"Dengan ditemukannya flight data recorder ini, kita bisa menguak misteri kenapa pesawat ini mengalami kecelakaan," tambah Soerjanto. 

Sementara itu, satu bagiannya lagi masih dalam proses pencarian. Jika yang diterimanya FDR, maka yang  masih dicari  adalah CVR.  

Kenapa bagian satunya tidak terdeteksi ?  Surjanto memprediksi, sinyal yang dipancarkan ping locator tidak terdeteksi karena gangguan suara dalam pencarian di dasar laut perairan Karawang. 

"Tadi banyak kapal jadi banyak noise. Jadi besok kita akan atur kembali melihat bagaimana pelacakannya. Karena kalau banyak noise sulit untuk kita mendengarkan suara ping-nya,"  katanya.

Bagian dari black box itu  terdeteksi pada hari Rabu (31/10) dengan lokasinya di 500 meter dari koordinat hilang kontaknya Lion Air. Pada hari Kamis  sekitar pukul 10.05 WIB, penyelam dari TNI AL melakukan penyelaman dan akhirnya ditemukan. (Abu Bakar)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KNKT Akan Pastikan Jenis FDR Atau CVR Black Box Yang Ditemukan

Terkini

Topik Populer

Iklan