Iklan

 


Iklan

Pengalihan Biaya Docking Kapal Laut Perintis Ke Operator Disambut Positip

Jumat, 26 Oktober 2018, 10:40 AM WIB Last Updated 2019-09-03T05:23:45Z

SEMARANG - PT. Pelni yang juga mengoperasikan kapal laut perintis menyambut baik materi pembahasan dalam Rapat Kordinasi Nasional Angkutan Laut Perintis, karena sangat berarti dalam upaya meningkatkan pelayanan jalur perintis dan operasional kapal negara untuk perintisan.

"Atas adanya kegiatan docking kapal oleh operator, merupakan kebijakan  yang sangat berarti, karena akan membuat kegiatan perawatan kapal lebih baik lagi," kata     Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Perintis PT Pelni, O.M. Sodikin, ketika rehat mengikuti rakornis itu, di Semarang, Kamis (25/10).

http://www.wartalogistik.com/2018/10/rakornis-kapal-perintis-bahas-volume.html

Lebih jauh dikatakan, penyerahan perawatan kapal ke operator membuat kegiatan perawatan bisa lebih tepat mengikuti ketentuan jadwal docking dan bagian yang dirawat dari kapal bisa sesuai dengan yang dibutuhkan.

"Pihak operator mengetahui keadaan kapal, sehingga ketika memasuki jadwal perawatan bisa menetapkan kebutuhan bagian yang perlu dirawat, atau diperbaiki," katanya.

Menyoal kewajiban layanan yang harus tetap berjalan, Sholihin menyatakan bisa berlangsung jika nantinya kapal laut perintis yang selasai dibangun diserahkan ke Pelni.

" Saat ini Pelni mendapat penugasan untuk me goperasikan 46 kapal perintis. Dari perhitungan kami, dibutuhkan enam kapal untuk menjadi kapal pengganti jika kapal-kapal yang ada menjalani perawatan setiap tahunnya, agar layanan di ruas perintis tetap berjalan  , " katanya.

Pelni melakukan kegiatan perawatan kapal sebelum atau libur Idul Fitri dan Natal/Tahun Baru.

“Dua hari itu (libur Idul Fitri dan Natal/Tahun Baru) merupakan waktu yang disiapkan untuk seluruh kapal dioperasikan melayani masyarakat yang akan berlibur,” kata O. M. Sodikin.

Rakernis kali ini diakui bermuatan materi yang sangat signifikan, kegiatan lebih banyak mencari masukan dari pihak operator, sehingga banyak hal yang bisa disampaikan oleh perusahaan pelayaran yang menjalani jalur perintis dan mengoperasikan  kapal perintis. (Abu Bakar)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pengalihan Biaya Docking Kapal Laut Perintis Ke Operator Disambut Positip

Terkini

Topik Populer

Iklan