Iklan

 


Iklan

Kantor OP Tanjung Priok Bersama Mitra Tanam 1000 Pohon Bakau

Jumat, 14 September 2018, 9:16 AM WIB Last Updated 2019-09-03T05:23:55Z

Jakarta – Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok bersama mitra instansi dan stakeholder menanam 1000 pohon mangrove di kasawan pantai  Marunda, Jakarta Utara, pada Kamis (14/9). Kegiatan yang terkait memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2018 sekaligus upaya membumikan pelabuhan ber icon green port.

Kepala OP Tanjung Priok, Capt. Hermanta dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan penanaman bakau ini bertujuan untuk mengajak sejumlah pihak yang terkait di Pelabuhan Tanjung Priok, baik mitra insatnsi pemerintah, asosiasi, stakeholder maupun masyarakat untuk peduli akan lingkungan sekaligus melakukan kegiatan untuk memilihara dan mengjijauhkan kembali kawasan pantai di wilayah pantai Jakarta Utara.

“Saat ini kami berupaya agar pelabuhan sebagai kawasan hijau atau ramah lingkungan, namun pada kegiatannya juga harus diimpelementasikan melalui kegiatan penghijauan kawasan pelabuhan dan sekitarnya,” kata Capt. Hermanta.

Atas apa yang dilakukan Kantor OP Tanjung Priok itu mendapat dukungan dari Assisten Deputi Bidang Lingkungan dan Kebencanaan Kementerian Kordinator Maritim, Sahat M. Panggabean yang menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena kawasan pantai di seluruh Indonesia yang mengalami kerusakannya mencapat 1,8 juta Ha. Sebagian besar atau sekitar 85 persennya kerusakan ada di pantai Jawa. Untuk itu kegiatan penanaman pohon bakau ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kerusakan itu.

“Apa yang dilakukan hari ini sangat sangat bermanfaat, untuk memperbaiki lingkungan yang mengalami kerusakan,” kata Sahat

Sementara itu Vice Presidnet HR PT Indofood, Anwar  menyatakan dukungan yang diberikan perusahaan dalam bentuk pohon bakau ini merupakan kegiatan yang selama ini dilakukan perusahaan dalam rengka iktu mengatasi lingkungan.

“Kami menyemai bibit bakau dan setelah memasuki usia tanam kami tanam kembali di sejumlah pentai,” katanya.

Atas kegiatan yang dilakukan Kantor OP Tanjung Priok ini, kata Anwar pihaknya sangat mendukung sehingga memberikan hasil semaian pohon bakau ini untuk ditanam pihak Kantor OP Priok bersama mitra dan stakeholdernya.

Hadir pada kegiatan itu sejumlah mitra instansi dan stakeholder serta asosiasi yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok, diantaranya  Kantor  Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, jajaran pelayanan KPU Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor KKP Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor KSOP Kali Baru, Kantor KSOP Marunda, Kantor KSOP Kepulauan Seribu, PT Indonesia Kendaraan Terminal, PT TPK Koja, JICT. Dari pihak asosiasi diantranya DPC Dewan Pelabuhan Tanjung Priok,  INSA Jaya, ALFI Jakarta.

“Apa yang dilakukan Kepala OP Tanjung Priok dalam memperingatai Harhubnas 2018 dalam berbagai kegiatannya bersama mitra dan stajeholder sangat bermanfaat, baik untuk memperbaiki lingkungan maupun dalam menciptakan hubungan kerja yang hormonis di dalam kawasan Pelabuhan Tanjung Priok,” kata Ketua DPC Dewan Pelabuhan, Sungkono Ali. (Abu Bakar)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kantor OP Tanjung Priok Bersama Mitra Tanam 1000 Pohon Bakau

Terkini

Topik Populer

Iklan