• Jelajahi

    Copyright © KORIDOR INDONESIA | SAHABAT INFORMASI ANDA
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    www.bizlawnews.id

    22 September Hari Menara Suar : Terima Kasih Penjaga Menara

    Minggu, 23 September 2018, 7:56 PM WIB Last Updated 2019-09-03T05:23:51Z
    https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html
    https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html

    JAKARTA – Peringatan Hari Menara Suar setiap tanggal 22 September ditujukan untuk menghargai dedikasi petugas jaga menara suar yang setia menjaga kelangsungan hidup lampu suar, meski berada di pulau terpencil.

    Penghargaan itu sangat wajar. Mengingat pada era milenial ini, segalanya kerap  diukur dengan besaran  materi. Jika ukuran seperti itu yang dipaki, maka semakin minim akan adanya petugas jaga menara suar. Sebab untuk menjadi petugas penjaga menara suar, harus bersedia tinggal dimana menara itu berada. Ada menara suar berada di pulau tak berpenghuni, jauh dari pulau lainnya. Pendapatannya pun kecil.

    "Sebagai bentuk terima kasih terhadap peran Menara Suar dan Petugas Menara Suar tersebut, Pemerintah telah menetapkan Hari Menara Suar yang diperingati setiap tanggal 22 September bersamaan dengan perayaan Hari Menara Suar Internasional yang juga diikuti oleh beberapa Negara lainnya seperti Jepang, Australia, serta sejumlah Negara di Eropa dan Asia, termasuk salah satunya Indonesia," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo dalam pernyataannya menyambut Hari Menara Suar 22 September di Jakarta, (22/9).

    Penetapan Hari Menara Suara di Indonesia berlangsung pada tahun 2015. Lebih jauh Agus H Purnomo mengatakan, Menara Suar sebagai salah satu dari  SBNP (Sarana Bantu Navigasi Pelayaran) merupakan salah satu komponen dalam penyelenggaraan kenavigasian untuk mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran, perlindungan lingkungan maritim termasuk sebagai salah satu alat untuk memperkuat batas wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    “Melalui Peringatan Hari Menara Suar ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat untuk mensosialisasikan keberadaan dan manfaat SBNP, meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah, mitra kerja, dan instansi terkait, serta memberi apresiasi dan mendorong semangat Petugas Menara Suar,” ujar Dirjen Laut.

    Sementara itu pada kesempatan terpisah, Direktur Kenavigasian, Sugeng Wibowo menjelaskan, saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki 284 unit Menara Suar yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di lokasi yang terpencil dan di daerah perbatasan dengan negara tetangga serta beberapa di antaranya memiliki nilai historis dan strategis di Indonesia.

    ”Keberadaan Menara Suar di Indonesia, saat ini dijaga oleh sekitar 491 Petugas Menara Suar yang terdiri dari teknisi Menara Suar dan operator Menara Suar yang bertugas jauh dari lingkungan sosial dan keluarga dalam kurun waktu yang lama. Mereka tidak kenal menyerah dan lelah menjaga cahaya Menara Suar agar tetap terang dan menerangi para pelaut, sehingga mereka layak dijuluki sebagai sosok ‘pahlawan di tengah lautan’,” kata Sugeng.

    Sugeng menambahkan, suka duka dalam bertugas pastilah dirasakan khususnya bagi para Penjaga Menara Suar yang ditugaskan jauh di pulau terpencil. Mereka harus rela tinggal berjauhan dari keluarga dan terkadang tidak bisa pulang ke rumah pada saat ada peristiwa penting, seperti hari raya maupun saat kelahiran anak.

    Adapun Perayaan Hari Menara Suar Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh jajaran Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ditandai dengan pelaksanaan Apel Upacara Peringatan Hari Menara Suar secara serempak di 25 Kantor Distrik Navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut pada tanggal 22 September 2018.

    Ke depan, Pemerintah berharap agar Perayaan Hari Menara Suar setiap tahunnya tidak hanya dirayakan oleh jajaran Direktorat Kenavigasian saja, namun juga dapat dirayakan secara nasional oleh seluruh masyarakat Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia mendapatkan pengetahuan mengenai pentingnya Menara Suar dalam meningkatkan keselamatan pelayaran dan perlindungan maritim di seluruh wilayah perairan indonesia. (Abu Bakar)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini