Iklan

 


Iklan

Nelayan Di Maluku Ikuti Diklat SKK 60 Mil

Rabu, 29 Agustus 2018, 2:29 AM WIB Last Updated 2019-09-03T05:24:00Z

Jakarta – Program pendidikan dan pelatihan (diklat ) pemberdayaan masyarakat di lingkungan Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berlangsung. Hal itu terlihat pada Kantor KSOP Kelas I Ambon  yang melangsungkan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk diklat untuk mendapatkan sertifikat SKK 60 Mil dan BST dari Tanggal 28 – 31 Agustus ini.

Program pemberdayaan masyarakat itu diikuti 650 peserta yang sebagian besarnya berprofesi sebagai nelayan di kawasan Maluku.

Dalam publikasinya di medsos KSOP Ambon, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon, Taufik Mansyur ketika membuka diklat tersebut menyatakan, diklat yang sedang berlangsung merupakan upaya pemerintah memberdayakan masyarakat memiliki keterampilan dan  mensertifikasinya. Dengan begitu maka ketika menjalankan kegiatan di laut menjadi awak kapal pada kapal yang jangkauan pelayaran pendek atau pada kapal ikan yang wilayah tangkapannya 60 Mil, para awak kapal sudah memiliki keahlian dan sertifikat yang legal.

“ Kami berharap kegiatan serupa dapat diadakan lagi pada gelombang-gelombang berikutnya untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat khususnya nelayan di Provinsi Maluku,” kata Taufik Mansyur ketika memberikan sambutan pada diklat pemberdayaan masyarakat di  Balai Pertemuan Nelayan PPN Tantui, Ambon (28/8).

Program diklat pemberdayaan masyarakat ini  dilaksanakan atas kerjasama Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Ambon dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang. Kegiatannya berlangsung dari tanggal 28 – 31 Agustus.

Adapun  pengajar-pengajar berasal  dari Kantor KSOP Kelas I Ambon, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Lantamal IX Ambon, Polair Polda Maluku dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku. (Abu Bakar)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Nelayan Di Maluku Ikuti Diklat SKK 60 Mil

Terkini

Topik Populer

Iklan