Iklan

 


Iklan

Dukung Pelaksanaan Asian Games, Jajaran KSOP Dan Disnav Palembang Jadi Awak Bus Air

Minggu, 19 Agustus 2018, 5:43 PM WIB Last Updated 2019-09-03T05:24:02Z

Palembang – Sebanyak 3 unit bus air dari total 5 bus air yang dihibahkan oleh Kementerian Perhubungan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan disiapkan untuk mengangkut atlet dan official Asian Games 2018.

Kedua unit bus air tersebut diawaki oleh para petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan dan 1 unit bus air diawaki oleh Distrik Navigasi Kelas I Palembang.

Kepala Kantor KSOP Kelas II Palembang, Capt. Mugen Sartoto menjelaskan bahwa Pemprov Sumatera Selatan telah meminta bantuan KSOP Kelas II Palembang untuk membantu pengawakan bus air dan langsung ditindaklanjuti dengan mengirimkan petugasnya menjadi awak bus air tersebut.

"Petugas KSOP Palembang menjadi awak bus air di Sungai Musi dengan rute Benteng Kuto Besak sampai ke Pulau Kemarao, dimulai pukul 09.00 - 17.00 WIB selama berlangsungnya penyelenggaraan Asian Games ini," ujar Capt. Mugen, Minggu (19/8)

Selain juga dikatakan, pihak KSOP  Palembang tetap memastikan bahwa setiap para penumpang bus air harus menggunakan life jacket ketika berada di Bus Air.

"Keselamatan penumpang tetap prioritas kami. Untuk itu,  penumpang bus air harus menggunakan life jacket dan jumlah penumpang harus sesuai kapasitas bus air," ujar Capt. Mugen.

Satu unit bus air tersebut berkapasitas 20 orang dengan kecepatan 21 knot dengan daya mesin 500 PK. Bus air tersebut siaga di Plaza Benteng Kuto Besak Palembang untuk melayani para tamu Asian Games yang ingin berwisata dan gratis.

Tugas lain petugas KSOP Palembang dengan kapal patrolinya terus mengawasi dan mengamankan alur pelayaran di sepanjang Sungai Musi yang digunakan untuk bus air dan juga perlombaan Asian Games. Kapal yang disiapkan ada 2  unit kapal patroli KNP.327 dan KNP.422.

"Petugas kami sangat antusias terhadap keberadaan bus air ini  dan dengan mengawaki bus air tersebut dapat dianggap telah memberikan sumbangsihnya kepada negara dan melayani penumpang bus air sebagai para tamu Asian Games 2018 sehingga mereka bisa melihat dan menikmati keindahan wisata di Kota Palembang," tutup Capt. Mugen. (Abu Bakar)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dukung Pelaksanaan Asian Games, Jajaran KSOP Dan Disnav Palembang Jadi Awak Bus Air

Terkini

Topik Populer

Iklan