Iklan

 


Iklan

Ditandatangani Kontrak Pembangunan Pelabuhan Patimban Tahap I Senilai Rp 6 Triliun

Sabtu, 28 Juli 2018, 2:43 PM WIB Last Updated 2019-09-03T05:24:06Z

JAKARTA – Tahapan pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat terus berlangsung. Jum,at (27/7) berlangsung tahapan penandatanganan kontrak pembangunan Pelabuhan Patimban oleh pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bersama Konsorsium Penta Ocean, TOA, Rinka, PP (Pembangunan Perumahan), dan Wika (Wijaya Karya)  di Kantor Kementerian Perhubungan.

Kontrak kerja pembangunan ditandatangani oleh Project Manager Pembangunan Pelabuhan Patimban Paket I Adit Karya dengan Hiromu Shinoda perwakilan dari pihak konsorsoium yang akan melakukan kegiatan pembangunan. Penandatanganan disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Budi H. Purnomo, Konsular Ekonomi Kedutaan Besar Jepang, Mari Takada, dan sejumlah pejabat terkait.

Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo melaporkan bahwa total nilai kontrak phase I Rp 8,99 triliun. Terdiri sari phase I paket I sebesar  Rp 6 triliun. Kemudian phase I paket 2 sebesar Rp 1,8 triliun dan phase I paket 3 senilai Rp 575 miliar. Pada phase I juga ada paket konsultan dengan nilai Rp 474 miliar.

“Nilai dua paket ini (paket 2 dan 3 ) masih di evaluasi,” kata Agus.

Menhub Budi Karya Sumadi juga mengatakan, proyek pembangunan Pelabuhan Patimban merupakan salah satu proyek strategis nasional. Pembangunannya dibiayai melalui Official Development Assistance (ODA) Loan dari Jepang. Tahap awal rencananya terminal yang dibangun akan melayani peti kemas dan   mobil, sehingga kapal yang mengangkutnya bisa kapal jenis Ro-Ro.

Secara teknis Pelabuhan Patimban pada tahap awal akan melayani 3,5 juta teus. Kemudian dapat ditingkatkan menjadi 5,5, juta teus dan 7,5 juta teus, dan pada  Paket 1 akan dibangun terminal kendaraan 350.000 unit.

“Jadi Pelabuhan Patimban akan sama besar dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,” Kata Menhub.

Dengan adanya Pelabuhan Patimban diharapkan arus logistik dari bagian tengah pulau Jawa dapat terkoneksi dengan lebih lancer dan sudah dapat beroperasi pada awal tahun 2019. (Abu Bakar)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ditandatangani Kontrak Pembangunan Pelabuhan Patimban Tahap I Senilai Rp 6 Triliun

Terkini

Topik Populer

Iklan