Iklan

 


Iklan

Berkordinasi Dengan Pihak Kabupaten, KSOP Kepulauan Seribu Sisir Nelayan Membuat Pas Kecil

Selasa, 31 Juli 2018, 4:20 PM WIB Last Updated 2019-09-03T05:24:05Z
Jakarta – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kepulauan Seribu, Jakarta,   sudah mendata  sebanyak 100 kapal berukuran 7 GT ke bawah untuk pengurusan pas kecil (surat kapal), diperkirakan jumlahnya akan meningkat pada saat pelaksanaan pembuatan pas kecil berlangsung.

Pendataan itu dilakukan terkait masih berlangsungnya proses persyaratan  kantor KSOP Kepulauan Seribu untuk mendapatkan kewenangan  melayani  pembuatan sertifikat pas kecil.

“Pengurusan penetapan sebagai kantor  KSOP yang melayani pembuatan pas kecil masih berlangsung di kantor pusat (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut , Kementerian Perhubungan). Jika sudah ditetapkan, kami tinggal mengumpulkan pemilik kapal agar kapalnya dilakukan pengukuran, untuk selanjutnya proses pemberkasan,” ungkap Kepala KSOP Kepulauan Seribu, Syarif Bustaman S.Sos, MM, di kantornya, Senin (30/7).

Kegiatan pengumpulan data kapal nelayan,  merupakan upaya  jajaran petugas di KSOP Kepulauan Seribu agar kegiatan pembuatan pas kecil pada kapal berukuran kecil itu bisa berlangsung dengan efisien, karena tempat tinggal warga terpisah di sejumlah pulau.   

Kegiatan pengumpulan data  kapal juga berkoordinasi dengan pihak Kabupaten Kepulauan Seribu yang sedang melakukan kegiatan  PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) keliling di  sejumlah pulau  di kawasannya.

“Dari hasil berkordinasi itu kami berhasil mengumpulkan data jumlah nelayan dan kapal serta bisa menyosialisasikan persyaratan pembuatan pas kecil,” katanya.

Selanjutnya Syarif Bustaman juga menyatakan, jika kantor KSOP Kepulauan Seribu sudah memiliki kode pengukuran, dari Ditjen Hubla, maka kegiatan pelayanan pengurusan sertifikat pas kecil bisa dilakukan.

“Dengan begitu, maka pada saat pelaksanaan pembuatan pas kecil dapat  menjangkau secara menyeluruh ke nelayan yang tinggalnya tersebar di sejumlah pulau. Jadi pelaksanaannya bisa efektif,” ungkap Syarif Bustaman.

Sementara itu Kepala Petugas Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, KSOP Kepulauan Seribu, Erikson Hutasoit SE, MMTr, menyatakan,  kegiatan dengan PTSP  Kabupaten Kepulauan Seribu sudah berlangsung sekitar 2 bulan terakhir ini. Dari hasil pendataan dan sosialisasi itu, para nelayan  bisa mempersiapkan persyaratan untuk membuat pas kecil.

“Jadi pada saat kegiatan berlangsung diharapkan persyaratan sudah terpenuhi,” kata Erikson.

Kantor KSOP  Kelas V Kepulauan Seribu  merupakan unit pelaksanan teknis (UPT)  Ditjen Hubla yang membina keselamatan pelayaran  di Kabupaten Kepulauan Seribu. Warga mendiami di sejumlah pulau yang tersebar di kawasan perairan teluk Jakarta. Untuk menjangkau warga di masing-masing pulau membutuhkan waktu dan cuaca perairan yang tenang.

Dalam mendukung kegiatan kerja di wilayahnya, KSOP Kepulauan Seribu memilili 5 pos pantau yakni di Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Kelapa, Pulau Pramuka dan Pulau Tidung. Rencananya juga akan ditambah satu pos pantau lagi di Pulau Untung Jawa. (Abu Bakar)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Berkordinasi Dengan Pihak Kabupaten, KSOP Kepulauan Seribu Sisir Nelayan Membuat Pas Kecil

Terkini

Topik Populer

Iklan