Iklan

https://www.koridorindonesia.id/p/tarif-iklan.html

Iklan

Dirjen Hubla: Maksimalkan Pemanfaatan Potensi Pangkalan PLP

Selasa, 27 Februari 2018, 8:26 AM WIB Last Updated 2019-09-03T05:24:15Z


Jakarta- Direktur Jenderal Perhubungan  Laut ( Dirjen Hubla), R. Agus H. Purnomo mengamanatkan agar seluruh warga Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai ( PLP) dapat memanfaatkan semaksimal mungkin semua potensi yang dimiliki saat ini dalam menjalankam tugas, fungsi dan kewenanganya.

"Seiring dengan itu, langkah-langkah pembenahan ke depan akan dilakukan secara gradual pada aspek sumber daya manusia, pendanaan dan sarana prasarana," kata Dirjen Hubla ketika menjadi Inspektur Upacara pada upacara memperingati hari jadi ke 30 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) di Pangkalan PLP Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (26/2).

Saat ini Pangkalan PLP ada lima yakni Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, PLP Kelas II Tanjung Perak, PLP Kelas II Tanjung Uban, PLP Kelas II Bitung, PLP Kelas II Tual. Pangkalan PLP berdiri pada 26 Pebruari 1988, dengan nama Armada PLP. Tahun 2002 namanya diubah menjadi Pangkalan PLP sampai sekarang.

"Pada usia yang ke 30 ini tuntutan akan kedewasaan dalam berfikir dan bertindak bagi seluruh pegawai Pangkalan PLP adalah suatu keniscayaan untuk memberikan yang terbaik pada masyarakat, bangsa dan negara," kata Dirjen Hubla.

Selain itu juga dikatakan pangakuan dan keberadaan Pangkalan PLP dipengaruhi kecepatan bertindak terhadap penyelamatan kapal dan awaknya atas kecelakaan di laut. Penegakan hukum serta menghindari tindakan tercela.

Dalam acara peringatan itu juga jajaran Pangkalan PLP Tanjung Priok memperagakan proses penyelamatan kapal yang terbakar dan evakuasi awak kapal. 

Seusai acara Dirjen Hubla menyatakan dalam menjalankan tugasnya menjaga keselamatan pelayaran, jajaran PLP akan bekerjasama dengan instansi lain yang kawasan tupoksinya berada di perairan.

"Dengan begitu, maka pengamanan keselamatan pelayaran bisa lebih maksimal berlangsung pada perairan Indonesia yang sangat luas ini," ujarnya. (Abu Bakar)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dirjen Hubla: Maksimalkan Pemanfaatan Potensi Pangkalan PLP

Terkini

Topik Populer

Iklan